Pengaruh Portugis di Kabupaten Sikka   

- Admin

Jumat, 26 Agustus 2022 - 21:01 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Indodian.com – Portugis adalah bangsa Eropa pertama yang menaklukan sejumlah wilayah di Nusantara. Wilayah yang ditaklukan Portugis kemudian direbut oleh Belanda dengan cara perang, negosiasi, tipu muslihat hingga penjualan berkedok pertukaran wilayah. Kemudian hari wilayah-wilayah yang diperebutkan kedua bangsa Eropa ini menjadi bagian dari sebuah negara kepulauan terbesar di dunia yang bernama Indonesia.

Baca juga :  Misteri Manusia Purba Flores (Homo Floresiensis)

Kehadiran Portugis di Kabupaten Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur pada abad ke XV hingga abad ke XVII tidak terlepas dari misi bangsa tersebut yaitu Feteiro, Fortaleza e Igreja yang kemudian hari ditafsikan dalam bahasa Inggris sebagai Gold, Glory, Gospel.

Di Kabupaten Sikka selain kampung Sikka dan Paga yang telah dikenal secara luas sebagai bekas wilayah koloni Portugis masih terdapat sejumlah tempat lainnya yang setidak-tidaknya pernah mendapat pengaruh Portugis seperti Bola dan Kewapate dan Wai Noke Rua (Mata Air Santo).

Baca juga :  Bubuk Mesiu di Pulau Flores Abad 15-16
Gereja St. Ignatius Loyola di Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur. Gereja tua ini dibangun oleh Pastor kebangsaan Portugis, JF Engbers D’armanddavill pada tahun 1893. Foto (Infobaru.id)

Meskipun saat ini tidak ada lagi penjajahan secara fisik di seluruh dunia, tetapi jejak dan pengaruh Portugis di Kabupaten Sikka masih dapat ditemukan seperti Gereja Tua di Sikka, tanah kosong bekas bangunan Gereja di Paga, batu kubur tempat dikuburkannya 2 orang Portugis dan tarian Bobu serta meriam peninggalan Portugis di Paga, Watu Cruz di Bola.

Komentar

Berita Terkait

Bubuk Mesiu di Pulau Flores Abad 15-16
Nama-Nama Orang Flores
Sepak Bola dan Flores
Asal Usul Nama Kewapante
Tenggelamnya Kapal O Arbiru, Dili – Bangkok 1973 di Perairan Maumere, Flores
Jejak Portugis di Paga      
Pulau Timor, Satu Ruang Dua Tuan
Fosil Budaya Purba Flores (2)
Berita ini 461 kali dibaca

Berita Terbaru

Politik

Lingkaran Setan Kurasi Algoritma di Era Demokrasi

Rabu, 21 Feb 2024 - 19:07 WITA

Politik

Demokrasi dan Kritisisme

Minggu, 18 Feb 2024 - 16:18 WITA

Berita

Peredaran Hoaks Pemilu 2024 Masih Besar

Selasa, 13 Feb 2024 - 13:56 WITA